Tips Mendapatkan Kerja Tanpa Pengalaman Kerja


Mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman kerja bisa menjadi tantangan di jaman sekarang. Jika kita lihat banyak lowongan-lowongan kerja yang mencari junior developer misalnya, namun di requirementnya tertera harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun atau bahkan lebih. Tapi jangan khawatir, pas lagi scroll-scroll youtube, tiba-tiba nemu video ini yang membahas

 
Tips Mendapatkan Kerja Tanpa Pengalaman Kerja

Tips Mendapatkan Kerja Tanpa Pengalaman Kerja
. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa kalian terapkan:

1. Membuat atau memiliki projek pribadi

Jika kalian seorang mobile developer, cobalah membuat aplikasi yang dapat menyelesaikan masalah disekitar kalian, tidak usah terlalu besar, sederhana tapi berimpact. Dan pastikan sudah kalian upload ke play store atau app store. Akan lebih bagus jika dengan aplikasi yang kalian buat sudah dapat menghasilkan revenue. 

Begitupun jika kalian seorang website developer, lakukan hal yang sama seperti yang dijelaskan di atas. Karena dengan ini, artinya kalian sudah memiliki kemampuan setidaknya bagiamana cara menyelesaikan masalah user dan proses bisnis yang ada di dalam nya which is ini yang di butuhkan dalam perusahaan saat ini.

2. Menjadi Volunter dalam Organisasi

Menawarkan keterampilan Anda secara sukarela untuk bisnis atau organisasi bisa memberikan pengalaman nyata dan relasi. Kalian pasti akan belajar tentang kerja tim, komunikasi, dan masih banyak lagi soft skill yang kalian dapat. Ini sangat membantu sekali jika kalian ingin memasuki dunia kerja. Tentunya harus diimbangi dengan hard skill yang kalian miliki

3. Kontribusi pada Proyek Open Source

Berpartisipasi dalam proyek open-source adalah cara lain untuk menunjukkan keahlian teknis tanpa harus bekerja di perusahaan besar. Ini dapat mengasah hard skill kalian, apalagi untuk kode atau hasil kerja kalian bisa diterima oleh pemilik proyek open source tersebut pasti tidaklah mudah. Perlu seleksi yang dalam apalagi jika proyek tersebut merupakan proyek yang besar dan terkenal. Dengan ini pastinya dapat lebih memvalidasi hard skill yang kalian miliki yang dapat mengesankan para recruiter.

4. Magang (Internship)

Yang terakhir yang merupakan paling powerfull untuk kalian mendapatkan kesempatan kerja adalah Magang atau istilah kerennya Internship. Magang bisa memberikan pengalaman kerja langsung dan membantu membangun jaringan profesional. Jadi jangan gengsi jika kalian harus memulai karir pekerjaan kalian sebagai intern terlebih dahulu sebelum menjadi pegawai resmi. Tak sedikit juga perusahaan yang langsung merekrut para intern nya untuk bekerja langsung di perusahaan tersebut jika memang dinilai memenuhi requirement yang dibutuhkan.

Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, Anda dapat mengkompensasi kurangnya pengalaman kerja formal dan meningkatkan daya tarik Anda di pasar kerja.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama